Cara Mengubah DPi HP Vivo

1 min read

Cara mengubah DPI HP Vivo tidak disarankan untuk memilih ukuran terbesar. Karena harus menyesuaikan dengan tipe smartphone terlebih dahulu. Apabila HP tidak support, justru akan menyebabkan blank yang mana tidak bisa mengakses menu.

 

Meningkatkan angka DPI bisa berpengaruh pada ukuran tampilan layar. Semakin tinggi angka DPI, maka semakin banyak menu yang dapat ditampilkan pada layar. Sehingga membuat pengguna merasa lebih nyaman.

cara mengubah dpi hp vivo

Mungkin sebagian orang mengira untuk mengubah DPI ini harus melakukan root HP atau menambahkan aplikasi tambahan. Hal ini bergantung pada tipe smartphone. Apabila bisa diakses cukup melalui setting atau pengaturan, maka tidak perlu melakukan cara lain.

 

Cara Mengubah DPI HP Vivo Terbaru

Sebelum menerapkan tutorial mengganti angka DPI, terdapat satu hal yang perlu Anda perhatikan. Yakni mengenai berapa DPI asli Vivo.

 

Anda bisa menyiapkan buku dan bolpoin untuk mencatat. Namun bisa pula hanya mengingatnya.

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, apabila mengubah angka DPI terlalu tinggi, bisa membuat HP blank. Di sisi lain, mungkin Anda juga bisa merasa tampilan menu menjadi terlalu kecil.

 

Oleh sebab itu, Anda bisa mengembalikan DPI ke angka bawaan. Hal penting dalam tutorial ini ialah mengaktifkan mode pengembang terlebih dahulu. Baiklah, mari langsung menyimak mengenai cara mengatur DPI HP Vivo berikut ini.

  1. Akses menu Pengaturan atau Setting pada smartphone
  2. Akses Perangkat Saya
  3. Klik sebanyak 7 kali dalam Versi Perangkat Lunak
  4. Akan muncul informasi bahwa Anda sudah menjadi developer atau pengembang
  5. Akses Pengelolaan System
  6. Klik Opsi Pengembang
  7. Anda bisa mengatur DPI mulai dari 360, 460, 561, hingga 583. Pastikan sudah mengingat atau mencatat angka DPI bawaan.

 

Baca Juga: Tutorial Mengubah DPi HP Samsung

 

Panduan Mengembalikan DPI HP Vivo ke Angka Bawaan

Setelah menerapkan panduan bagaimana cara merubah DPI, sebelumnya apakah Anda merasa cukup puas dengan hasilnya? Atau justru membuat tampilan menu terlalu luas karena memuat banyak menu sehingga ikon tampak kecil?

 

Apabila Anda mengalami hal tersebut, jangan khawatir. Anda bisa mengembalikan angka DPI ke setelan bawaan. Karena opsi pengembang sudah aktif, Anda tidak perlu mengaktifkannya lagi. Simak panduan berikut.

  • Buka menu pengaturan di Smartphone Vivo
  • Geser menu ke bawah hingga menemukan Pengelolaan System
  • Pilih Opsi Pengembang
  • Selanjutnya Anda bisa mengembalikan ke angka bawaan
  • Masukkan angka DPI sesuai setelan awal seperti yang telah Anda catat tadi
  • Selanjutnya klik tombol Ok
  • Tampilan layar akan kembali pada ukuran bawaan

 

Beberapa pengaturan awal ponsel biasanya tidak selalu sesuai dengan minat pengguna. Sehingga banyak pengguna melakukan pengubahan. Misalnya menerapkan cara mengubah dpi HP Vivo yang bisa dilakukan tanpa root atau aplikasi tambahan.

 

FAQ Mengenai Cara Mengubah DPI HP Vivo

Berikut ini beberapa informasi penting mengenai pengaturan DPI. Dapat membantu menambah pengetahuan Anda mengenai hal tersebut.

 

Apa Kegunaan DPI pada Smartphone?

DPI merupakan bentuk pendek dari Dot Per Inci (titik per inci). DPI HP adalah ukuran kepadatan gambar atau kerapatan layar berdasarkan titik per inci. DPI biasa diubah demi meningkatkan kualitas gambar.

 

Bagaimana Jika Angka DPI Terlalu Tinggi?

Angka DPI mempengaruhi kinerja CPU dan GPU. Semakin tinggi angkanya, maka smartphone akan memerlukan energi lebih besar. Sehingga baterai ponsel akan berkurang dalam waktu cepat. Jika Anda tidak ingin boros baterai, maka lebih baik tidak mengatur DPI HP Vivo ke angka yang terlalu tinggi.

 

Demikian itulah postingan artikel kali ini, jika tutorialnya berbeda tinggal sesuaikan saja. Semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.